Pembayaran mahasiswa baru
Pembayaran registrasi mahasiswa baru UMS mencakup apa saja?

Pembayaran registrasi mahasiswa baru mencakup: Dana Pengembangan (DP) dan SPP Cicilan I untuk 10 SKS. Besarnya DP dan SPP per SKS tergantung program studi yang dipilih, mengikuti Surat Keputusan Rektor terkait biaya studi.

Bisakah pembayaran registrasi mahasiswa baru melalui transfer bank?

Pada dasarnya bisa, tetapi SANGAT DIREKOMENDASIKAN pembayaran dengan sistem autodebet. Jadi, mahasiswa baru harus mempunyai rekening di bank mitra UMS (dalam hal ini Bank Jateng Syariah atau Bank Bukopin Syariah). Transfer bank ditujukan ke rekening mahasiswa, kemudian mahasiswa meminta bank mitra UMS untuk menarik uang pembayaran registrasi dari rekening mahasiswa tersebut. Transfer bank langsung ke rekening UMS dihindari karena akan menyulitkan rekonsiliasi data antara transaksi di bank dan di database sistem keuangan UMS.

Jika mahasiswa baru mengundurkan diri, apakah ada pengembalian biaya registrasi? Jika ya, bagaimana cara mengurusnya?

Apabila pengunduran diri mahasiswa baru belum melebihi batas waktu pengunduran diri, mahasiswa bersangkutan akan mendapatkan pengembalian sebagian biaya registrasi. Sebagai gambaran, pada PMB-UMS 2017 UMS berhak memotong 15% dari total biaya registrasi yang harus dibayar, tiap pengunduran diri mahasiswa baru sebelum batas waktu pengunduran diri. Jika pengunduran diri melebihi batas waktu yang ditetapkan, tidak ada pengembalian biaya registrasi. Untuk mengurus pengembalian sebagian biaya registrasi karena pengunduran diri, mahasiswa bersangkutan meminta formulir pengunduran diri ke ODS Admission, kemudian menyerahkan formulir pengunduran dan berkas lainnya (Sertifikat Kelulusan, kuitansi pembayaran, nomor rekening, dan kartu identitas) ke Biro Keuangan UMS. Biro Keuangan akan memproses pengembalian biaya kurang lebih 7-10 hari kerja, dan pengembalian biaya dilakukan melalui transfer bank.

Jika mahasiswa pindah program studi setelah menempuh perkuliahan, apakah Dana Pengembangan (DP) program studi lama dipertimbangkan dalam pembayaran DP program studi baru?

Ya, dengan syarat ketika mengundurkan diri dari program studi lama, tidak ada tagihan pembayaran administrasi keuangan program studi lama. Jika DP program studi baru lebih tinggi daripada DP program studi lama, maka pembayaran DP program studi baru hanya menambahkan kekurangannya. Jika DP program studi baru lebih rendah, tidak ada pengembalian kelebihannya.

Pembayaran SPP, DP, praktikum, wisuda, dll.
Bagaimana model pembayaran SPP di UMS?

Sebelum TA 2012/2013 pembayaran SPP masih bersifat paket, tidak tergantung jumlah SKS yang diambil.Mulai TA 2012/2013 pembayaran SPP berbasis SKS. Pembayaran dilakukan dalam 2 tahap, yaitu: SPP Cicilan I (untuk Semester Gasal; atau III untuk Semester Genap), sebagai syarat pengisian KRS, dan SPP Cicilan II (untuk Semester Gasal; atau IV untuk Semester Genap), sebagai syarat bisa mencetak Kartu Ujian Akhir Semester. Besarnya SPP Cicilan I atau III setara dengan 10 SKS, adapun SPP Cicilan II atau IV setara dengan kelebihan SKS setelah dikurangi 10 SKS.

Jika mahasiswa membayar SPP melebihi tagihan, bagaimana untuk mendapatkan kelebihan pembayaran?

Jika terjadi kelebihan pembayaran SPP, sangat direkomendasikan kelebihan tersebut dialihkan untuk pembayaran tagihan lainnya. Jika tidak ada tagihan lainnya, untuk mendapatkan pengembalian kelebihan pembayaran, mahasiswa harus datang ke Biro Keuangan dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa dan kuitansi bukti pembayaran.

Bagaimana cara mengetahui jumlah tagihan pembayaran?

Untuk SPP berbasis SKS, mahasiswa bisa menghitung sendiri jumlah tagihan, yaitu mengalikan biaya SPP per SKS dengan jumlah SKS yang diambil. Informasi jenis dan besar tagihan dapat juga dilihat di STAR (http://star.ums.ac.id) menu Informasi Keuangan.

Jika ada beberapa tagihan, tagihan yang mana yang harus dibayar terlebih dahulu?

By system, tagihan yang dibayar terlebih dahulu adalah tagihan yang muncul paling atas, yang merupakan tagihan paling awal.

Bagaimana cara pembayaran biaya studi (SPP, praktikum Rumah Sakit, wisuda, dll.) di UMS?

Pembayaran biaya studi di UMS dapat dilakukan dengan salah satu dari beberapa cara berikut: (i) pembayaran langsung di teller bank mitra pembayaran UMS (Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri), (ii) pembayaran dengan Virtual Account melalui mesin ATM, atau (iii) pembayaran melalui transfer bank. Cara (i) dan (ii) bersifat Host to Host, sehingga begitu status sukses terbayar, mahasiswa dapat melakukan aktivitas akademik seperti mengisi KRS di awal semester, mencetak kartu ujian, dll. Khusus cara transfer bank dari bank selain bank mitra pembayaran, mahasiswa harus memberi tahu Biro Keuangan UMS terkait transaksi pembayaran melalui transfer bank tersebut, agar Biro Keuangan UMS segera melakukan validasi pembayaran dan melakukan aktivasi jika pembayaran terbukti valid.    

Bagaimana memahami kode-kode yang muncul pada tagihan pembayaran SPP?

Kode tagihan pembayaran SPP dinyatakan dalam 6 angka, angka ke-5 dan ke-6 diberi spasi. Empat angka pertama menunjukkan Tahun Akademik permulaan, angka ke-5 menunjukkan semester (1 untuk gasal, 2 untuk genap), dan angka ke-6 menunjukkan urutan cicilan. Misal SPP 20191 1, artinya tagihan SPP Semester Gasal (1) Tahun Akademik 2019/2020 (2019) cicilan pertama (1).

Virtual Account
Apa yang dimaksud dengan Virtual Account? Apa keuntungan Virtual Account?

Virtual Account adalah nomor identifikasi bagi pelanggan (dalam hal ini mahasiswa) suatu perusahaan (dalam hal ini UMS) yang dibuat oleh bank atas permintaan UMS. Mahasiswa tidak perlu mendaftar karena secara otomatis akan memiliki nomor Virtual Account yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya saat registrasi masuk UMS. Khususnya terkait pembayaran mahasiswa, Virtual Account bisa mengatasi problem klasik antrian pembayaran di bank karena pembayaran dilakukan melalui transfer ATM.

Bagaimana cara membayar dengan Virtual Account?

Pembayaran dengan Virtual Account dilakukan melalui transfer ATM. Saat ini UMS memiliki 3 bank mitra pembayaran, yaitu Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Bukopin, dan Bank Mandiri Syariah. Adapun prosedur pembayaran Virtual Account untuk masing-masing bank sebagai berikut:

Prosedur Pembayaran dengan Virtual Account dengan bank tujuan Bank Syariah Bukopin:

Prosedur Pembayaran dengan Virtual Account dengan bank tujuan Bank Syariah Mandiri:

Bagaimana untuk mengetahui nomor Virtual Account?

Nomor Virtual Account dapat diakses di STAR (http://star.ums.ac.id) pada menu Data Diri.

Pengisian KRS regular, remidi/PPK/Semester Pendek
Jika mahasiswa berencana mengambil SKS di bawah 10, bagaimana agar tagihan SPP sesuai jumlah SKS di bawah 10 tersebut?

Agar tidak terjadi kelebihan tagihan SPP pada Cicilan I atau III, mahasiswa harus meng-input jumlah SKS yang diambil pada menu STAR (http://star.ums.ac.id).

Jika mahasiswa merubah jumlah SKS yang diambil dari di bawah 10 SKS menjadi 10 SKS atau lebih, supaya tagihan SPP sesuai dengan jumlah SKS terbaru, langkah apa yang harus dilakukan mahasiswa?

Mahasiswa mengajukan permohonan secara online dari menu Info Keuangan STAR (http://star.ums.ac.id) dengan klik pilihan “ Penyesuaian tagihan SPP ke tagihan 10  SKS”. Atau, mahasiswa bisa langsung ke Loket Keuangan meminta updating tagihan SPP.

Mahasiswa sudah melakukan pembayaran SPP awal semester tapi belum bisa mengisi KRS, langkah apa yang harus dilakukan supaya bisa mengisi KRS?

 Jika mahasiswa membayar SPP dengan cara transfer biasa, mahasiswa harus mengkonfirmasi ke Biro Keuangan (WA 085817729398). Pastikan mahasiswa sudah mengisi evaluasi PBM secara online. Jika sudah mengisi evaluasi PBM, silakan dicoba log out dulu dari STAR, kemudian log in lagi. Jika tetap tidak berhasil, mahasiswa bisa mengajukan permohonan secara online dari menu Info Keuangan STAR (http://star.ums.ac.id) dengan klik pilihan “ Aktivasi pembayaran untuk KRS, setelah pembayaran dilakukan”.  

Beasiswa, dispensasi
Bagi penerima beasiswa full scholarship, bagaimana cara mengaktivasi pembayaran SPP?

Mahasiswa mengajukan permohonan aktivasi beasiswa secara online di SIMKEU-MHS atau di aplikasi STAR (http://star.ums.ac.id) menu Informasi Keuangan. Staf Biro Keuangan akan memverifikasi kevalidan data ajuan. Jika pemohon terverifikasi sebagai penerima beasiswa dan masih eligible, Biro Keuangan akan mengaktivasi pembayaran, dan mahasiswa bersangkutan bisa melakukan aktivitas akademik, yaitu mengisi KRS di awal semester, atau mencetak Kartu Ujian pada akhir semester.    

Jika mahasiswa kesulitan membayar SPP pada waktunya, apakah ada kebijakan dispensasi pembayaran?

Ada kebijakan dispensasi berupa penundaan pembayaran SPP, dengan persyaratan: ada persetujuan tertulis secara manual (tulis tangan) oleh orang tua atau wali mahasiswa dan bermaterai, slip gaji orang tua terakhir yang dikeluarkan instansi terkait atau surat keterangan penghasilan orang tua yang diketahui pemerintah desa setempat, surat permohonan dispensasi yang diketahui Pembimbing Akademik dan Ketua Prodi, foto kopi KTM, foto kopi KTP orang tua atau wali mahasiswa, foto kopi Kartu Keluarga, dan Transkrip Akademik terakhir.

Cuti kuliah, registrasi semester
Jika mengambil cuti kuliah, apakah ada administrasi keuangan yang harus dipenuhi?

Ya, biaya registrasi cuti kuliah adalah sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Jika mahasiswa tidak aktif kuliah (tidak mengisi KRS) dan juga tidak mengajukan cuti secara resmi, pada semester bersangkutan akan dikenai biaya registrasi sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Jika semua mata kuliah sudah ditempuh, tetapi belum mendapatkan Surat Keterangan Lulus (SKL), apakah masih mendapatkan tagihan administrasi keuangan?

Tergantung tanggal SKL diterbitkan. Pada dasarnya tagihan administrasi keuangan terakhir adalah pembayaran wisuda. Jika tanggal SKL diterbitkan tidak melebihi batas waktu pembayaran SPP awal semester (Cicilan I untuk Semester Gasal; Cicilan III untuk Semester Genap) atau batas waktu pemberkasan wisuda terdekat (diambil yang lebih akhir), mahasiswa hanya perlu membayar tagihan wisuda. Tetapi, jika tanggal SKL melebihi batas waktu pembayaran SPP atau pemberkasan wisuda di atas, mahasiswa akan mendapatkan tagihan registrasi Rp500.000,00 dan tagihan wisuda.

Surat Keterangan Biaya Studi
Bagaimana cara mendapatkan Surat Keterangan Biaya Studi, misal untuk melengkapi persyaratan mengajukan beasiswa?

Silakan datang ke Biro Keuangan dengan menunjukkan KTM, daftar tagihan/pembayaran dari menu STAR, total SKS yang harus ditempuh dari Buku Pedoman Akademik, dan total SKS yang sudah ditempuh dari Transkrip terakhir atau kumpulan KRS/KHS. 

Pengisian SPT pajak
Apa yang dimaksud dengan Electronic Filing Identification Number (EFIN)?

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksakan e-Filing (penyampaian SPT secara online).

Bagaimana cara mendapatkan EFIN?

Silahkan ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama terdekat, kemudian mengisi formulir permohonan EFIN dengan melampirkan foto kopi KTP dan NPWP. EFIN akan diberitahukan Petugas Pajak sesaat setelah selesai pemprosesan.

Bagaimana cara mendapatkan blanko pendapatan (blanko A1) sebagai bahan pengisian SPT secara online?

Wajib Pajak dosen dan karyawan UMS bisa mencetak sendiri melalui website SIMKEU (http://keu.ums.ac.id/efin/) dengan sistem log in menggunakan CAS.

Apakah pelaporan SPT harus online?

Pelaporan SPT bisa dilakukan secara manual, yaitu langsung mengisi formulir SPT di Kantor Pelayanan Pajak Pratama, dengan melampirkan blanko pendapatan (blanko A1) yang dikeluarkan secara resmi oleh instansi tempat bekerja Wajib Pajak.

Kapan batas waktu pelaporan SPT? Apakah ada pendampingan pengisian SPT di UMS?

Pelaporan SPT baik secara online maupun manual harus dilakukan paling lambat akhir bulan Maret tahun berikutnya. Mulai pelaporan SPT 2016, yang harus dilaporkan paling lambat akhir Maret 2017, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Sukoharjo tidak melakukan pendampingan pengisian SPT manual di UMS. Sebagai gantinya, Bagian Perpajakan Biro Keuangan UMS bekerja sama dengan BPSDM-UMS, melakukan pendampingan pengisian SPT secara online sesuai jadwal yang ditetapkan.