Testing New Page

Pembayaran mahasiswa baru
Bagaimana mendapatkan informasi biaya studi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta?

Informasi biaya studi mahasiswa baru dapat dilihat di website PMB-UMS di http://pmb.ums.ac.id

Pembayaran registrasi mahasiswa baru UMS mencakup apa saja?

Pembayaran registrasi mahasiswa baru mencakup: Dana Pengembangan (DP) dan SPP Cicilan I untuk 10 SKS. Besarnya DP dan SPP per SKS tergantung program studi yang dipilih, mengikuti Surat Keputusan Rektor terkait biaya studi.

Bisakah pembayaran registrasi mahasiswa baru melalui transfer bank?

Pada dasarnya bisa, tetapi SANGAT DIREKOMENDASIKAN pembayaran dengan sistem autodebet. Jadi, mahasiswa baru harus mempunyai rekening di bank mitra UMS (dalam hal ini Bank Jateng Syariah atau Bank Bukopin Syariah). Transfer bank ditujukan ke rekening mahasiswa, kemudian mahasiswa meminta bank mitra UMS untuk menarik uang pembayaran registrasi dari rekening mahasiswa tersebut. Transfer bank langsung ke rekening UMS dihindari karena akan menyulitkan rekonsiliasi data antara transaksi di bank dan di database sistem keuangan UMS.

Jika mahasiswa baru mengundurkan diri, apakah ada pengembalian biaya registrasi? Jika ya, bagaimana cara mengurusnya?

Apabila pengunduran diri mahasiswa baru belum melebihi batas waktu pengunduran diri, mahasiswa bersangkutan akan mendapatkan pengembalian sebagian biaya registrasi. Sebagai gambaran, pada PMB-UMS 2017 UMS berhak memotong 15% dari total biaya registrasi yang harus dibayar, tiap pengunduran diri mahasiswa baru sebelum batas waktu pengunduran diri. Jika pengunduran diri melebihi batas waktu yang ditetapkan, tidak ada pengembalian biaya registrasi. Untuk mengurus pengembalian sebagian biaya registrasi karena pengunduran diri, mahasiswa bersangkutan meminta formulir pengunduran diri ke ODS Admission, kemudian menyerahkan formulir pengunduran dan berkas lainnya (Sertifikat Kelulusan, kuitansi pembayaran, nomor rekening, dan kartu identitas) ke Biro Keuangan UMS. Biro Keuangan akan memproses pengembalian biaya kurang lebih 7-10 hari kerja, dan pengembalian biaya dilakukan melalui transfer bank.

Jika mahasiswa pindah program studi setelah menempuh perkuliahan, apakah Dana Pengembangan (DP) program studi lama dipertimbangkan dalam pembayaran DP program studi baru?

Ya, dengan syarat ketika mengundurkan diri dari program studi lama, tidak ada tagihan pembayaran administrasi keuangan program studi lama. Jika DP program studi baru lebih tinggi daripada DP program studi lama, maka pembayaran DP program studi baru hanya menambahkan kekurangannya. Jika DP program studi baru lebih rendah, tidak ada pengembalian kelebihannya.

Pembayaran SPP, DP, praktikum, wisuda, dll.
Bagaimana model pembayaran SPP di UMS?

Sebelum TA 2012/2013 pembayaran SPP masih bersifat paket, tidak tergantung jumlah SKS yang diambil.Mulai TA 2012/2013 pembayaran SPP berbasis SKS. Pembayaran dilakukan dalam 2 tahap, yaitu: SPP Cicilan I (untuk Semester Gasal; atau III untuk Semester Genap), sebagai syarat pengisian KRS, dan SPP Cicilan II (untuk Semester Gasal; atau IV untuk Semester Genap), sebagai syarat bisa mencetak Kartu Ujian Akhir Semester. Besarnya SPP Cicilan I atau III setara dengan 10 SKS, adapun SPP Cicilan II atau IV setara dengan kelebihan SKS setelah dikurangi 10 SKS.

Jika mahasiswa membayar SPP melebihi tagihan, bagaimana untuk mendapatkan kelebihan pembayaran?

Jika terjadi kelebihan pembayaran SPP, sangat direkomendasikan kelebihan tersebut dialihkan untuk pembayaran tagihan lainnya. Jika tidak ada tagihan lainnya, untuk mendapatkan pengembalian kelebihan pembayaran, mahasiswa harus datang ke Biro Keuangan dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa dan kuitansi bukti pembayaran.

Bagaimana cara mengetahui jumlah tagihan pembayaran?

Untuk SPP berbasis SKS, mahasiswa bisa menghitung sendiri jumlah tagihan, yaitu mengalikan biaya SPP per SKS dengan jumlah SKS yang diambil. Informasi jenis dan besar tagihan dapat juga dilihat di STAR (http://star.ums.ac.id) menu Informasi Keuangan.

Jika ada beberapa tagihan, tagihan yang mana yang harus dibayar terlebih dahulu?

By system, tagihan yang dibayar terlebih dahulu adalah tagihan yang muncul paling atas, yang merupakan tagihan paling awal.

Bagaimana cara pembayaran biaya studi (SPP, praktikum Rumah Sakit, wisuda, dll.) di UMS?

Pembayaran biaya studi di UMS dapat dilakukan dengan salah satu dari beberapa cara berikut: (i) pembayaran langsung di teller bank mitra pembayaran UMS (Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri), (ii) pembayaran dengan Virtual Account melalui mesin ATM, atau (iii) pembayaran melalui transfer bank. Cara (i) dan (ii) bersifat Host to Host, sehingga begitu status sukses terbayar, mahasiswa dapat melakukan aktivitas akademik seperti mengisi KRS di awal semester, mencetak kartu ujian, dll. Khusus cara transfer bank dari bank selain bank mitra pembayaran, mahasiswa harus memberi tahu Biro Keuangan UMS terkait transaksi pembayaran melalui transfer bank tersebut, agar Biro Keuangan UMS segera melakukan validasi pembayaran dan melakukan aktivasi jika pembayaran terbukti valid.    

Bagaimana memahami kode-kode yang muncul pada tagihan pembayaran SPP?

Kode tagihan pembayaran SPP dinyatakan dalam 6 angka, angka ke-5 dan ke-6 diberi spasi. Empat angka pertama menunjukkan Tahun Akademik permulaan, angka ke-5 menunjukkan semester (1 untuk gasal, 2 untuk genap), dan angka ke-6 menunjukkan urutan cicilan. Misal SPP 20191 1, artinya tagihan SPP Semester Gasal (1) Tahun Akademik 2019/2020 (2019) cicilan pertama (1).

Jika mahasiswa ingin mengikuti ujian ulang pendadaran (ujian Skripsi), berapa SPP yang harus dibayar untuk ujian ulang pendadaran tersebut? Bagaimana untuk memunculkan tagihan pembayarannya sehingga mahasiswa bisa membayar?

SPP mengulang ujian pendadaran nilainya setengah dari SPP ujian pendadaran normal. Misal jika SKS ujian pendadaran menyatu dengan Skripsi atau Tugas Akhir dan ber-SKS 4 SKS, maka SPP mengulang ujian pendadaran senilai 2 SKS. Untuk menampilkan tagihan SPP mengulang ujian pendadaran, mahasiswa datang ke Loket layanan Biro Administrasi Keuangan dengan menunjukkan surat pengantar dari Program Studi.   

Virtual Account
Apa yang dimaksud dengan Virtual Account? Apa keuntungan Virtual Account?

Virtual Account adalah nomor identifikasi bagi pelanggan (dalam hal ini mahasiswa) suatu perusahaan (dalam hal ini UMS) yang dibuat oleh bank atas permintaan UMS. Mahasiswa tidak perlu mendaftar karena secara otomatis akan memiliki nomor Virtual Account yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya saat registrasi masuk UMS. Khususnya terkait pembayaran mahasiswa, Virtual Account bisa mengatasi problem klasik antrian pembayaran di bank karena pembayaran dilakukan melalui transfer ATM.

Bagaimana cara membayar dengan Virtual Account?

Pembayaran dengan Virtual Account dilakukan melalui transfer ATM. Saat ini UMS memiliki 3 bank mitra pembayaran, yaitu Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Bukopin, dan Bank Mandiri Syariah. Adapun prosedur pembayaran Virtual Account untuk masing-masing bank sebagai berikut:

Prosedur Pembayaran dengan Virtual Account dengan bank tujuan Bank Syariah Bukopin:

Prosedur Pembayaran dengan Virtual Account dengan bank tujuan Bank Syariah Mandiri:

Bagaimana untuk mengetahui nomor Virtual Account?

Nomor Virtual Account dapat diakses di STAR (http://star.ums.ac.id) pada menu Data Diri.