Pada tanggal 5 Desember 2019, bertempat di Ruang Seminar Lt. 7 Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Wakil Rektor Bidang II bersama jajarannya, Biro Keuangan, Biro Internal Auditor, dan Biro Teknologi Informasi, mengadakan rapat koordinasi. Pada sesi awal, Wakil Rektor II Bp. Ir. H. Sarjito, M.T., Ph.D. menggarisbawahi beberapa hal, yaitu: adanya keluhan beberapa program studi terkait tertundanya pencairan anggaran RUPPS 2019/2020, pentingnya data pendapatan lain-lain (non-budgeter) unit-unit di lingkungan UMS terekap untuk keperluan akreditasi institusi dan bisa dimasukkan dalam struktur RAPB, serta pentingnya menjaga performance layanan Biro Teknologi Informasi dari terkondisikannya akses internet dengan baik. Pada sesi berikutnya, sejalan dengan beberapa arahan Wakil Rektor II, Kepala Biro Keuangan Bp. M. Mujiburohman, Ph.D. menjelaskan bahwa mekanisme pencairan anggaran RUPPS 2019/2020 berbasis kinerja LPJ keuangan sebagaimana pola sebelumnya. Pencairan pertama kali anggaran RUPPS 2019/2020 mensyaratkan LPJ keuangan Tahun Anggaran sebelumnya harus sudah selesai 100%. Adapun pencairan anggaran berikutnya dengan memperhatikan kinerja LPJ keuangan CM-CM yang cair sampai dengan 3 bulan sebelumnya, yang mana jika LPJ keuangan mencapai minimal 80% (berbasis jumlah CM) maka ajuan anggaran otomatis dicairkan. Pada kesempatan yang sama Kepala Biro Keuangan langsung menunjukkan progress laporan LPJ keuangan Tahun Anggaran 2018/2019 dari sistem informasi manajemen keuangan (SIMKEU). Terlihat beberapa program studi belum menyelesaikan LPJ keuangan.

Rapat koordinasi Bidang II: keuangan, audit keuangan, dan teknologi informasi.

Sementara itu, Kepala Biro Teknologi Informasi Bp. Husni Thamrin, Ph.D. menjelaskan bahwa performance layanan akses internet dikatakan baik apabila mencapai minimal 99,7% (basis jam). Artinya, dalam 1 bulan batas lama waktu maksimal internet tidak terakses atau off adalah 7 jam. Untuk memberikan layanan optimal, Biro Teknologi Informasi saat ini menyediakan fasilitas aduan online, menyatu dengan website Biro Teknologi Informasi (http://bti.ums.ac.id). Di akhir sesi sambutan, Kepala Biro Internal Auditor Ibu Dr. Rina Trisnawati melaporkan beberapa hal terkait audit keuangan yang tengah berjalan. Audit keuangan yang dilakukan pada tahun 2019/2020 adalah mengaudit LPJ keuangan Tahun Anggaran 2018/2019. Untuk bulan Desember 2019, dijadwalkan audit keuangan Fakultas Teknik, Pascasarjana, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Setelah sesi sambutan, diadakan sesi tanya jawab. Beberapa audiens yang menyampaikan pertanyaan ataupun pandangan diantaranya Wakil Direktur Keuangan Pascasarjana, Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kabag. Anggaran dan Administrasi Keuangan Mahasiswa, Kabag. Akuntansi Biro Keuangan, Wakil Dekan II Fakultas Hukum, Kaur Bendahara Pascasarjana, dan Kaur Bendahara Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar dan Bahasa. Secara garis besar pertanyaan-pertanyaan audiens terklarifikasi. Rapat koordinasi diakhiri sesaat setelah masuk waktu shalat dzuhur.