Menindaklanjuti instruksi Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), bahwa setiap unit di UMS diharapkan menyusun program kerja pengembangan tahunan dalam bentuk Rencana Pengembangan Unit (RPU) sebagaimana RPPS/RPF-nya program studi dan fakultas, Biro Keuangan UMS sejak tahun 2017 mengagendakan program kerja pengembangan unit melalui RPU. RPU Biro Keuangan UMS pada hakikatnya merupakan Rencana Pengembangan Jangka Pendek (RPJP) tahunan dalam rangka mewujudkan visi Biro Keuangan UMS yang ditargetkan tercapai pada tahun 2029.

Dalam rangka penyusunan RPU program kerja tahun 2019/2020, atau tahun ke-3 dari Rencana Pengembangan Jangka Menengah (RPJM) pertama, Biro Keuangan UMS mengadakan rapat kerja pada tanggal 19 Juni 2019, bertempat di Tawangmangu Karanganyar. Pada sesi awal Kepala Biro Keuangan UMS M. Mujiburohman, Ph.D. menyampaikan beberapa hal, mulai dari latar belakang pentingnya program pengembangan secara bertahap untuk pencapaian visi, evaluasi program kerja 2018/2019, sampai dengan arahan pengembangan Biro Keuangan UMS tahun 2019/2020. Kepala Biro juga menekankan pentingnya menjaga kualitas layanan kepada para stakeholders antara lain mahasiswa, dosen, dan unit di lingkungan UMS.

Kepala Biro Keuangan menyampaikan arah pengembangan Biro Keuangan UMS tahun 2019/2020.

Pada sesi kedua dilakukan brainstorming terkait beberapa existing problems beserta program pengembangan solusinya. Selain Kepala Biro, pemaparan disampaikan oleh Noto Narwanto, S.T. (Kabag. Anggaran dan Admin. Keu. Mhs.), Taufiq Hidayat, S.E. (Kabag. Akuntansi), Heru Martana Widada (Kaur. Admin. Keu. Mhs.), Agus Santoso, S.E. (Kaur. Anggaran dan Pengendalian), dan Haryanto, S.E. (Kaur. Arsip). Brainstorming program kerja diakhiri setelah masuk waktu dzuhur.

Pada sesi terakhir setelah ishoma, forum rapat kerja Biro Keuangan merumuskan draf program kerja RPJP Biro Keuangan tahun 2019/2020, sebagai berikut:

Rumusan hasil rapat kerja nantinya akan di-input ke sistem aplikasi pengembangan lembaga (Apple). Meski demikian, sesaat sebelum ditutup Kepala Biro menekankan bahwa rumusan program kerja yang ditetapkan dalam rapat kerja ini belum final 100%. Sambil menunggu ketentuan RPU terbaru dari Lembaga Penjaminan Mutu, rumusan program kerja dapat disempurnakan melalui rapat koordinasi rutin Biro Keuangan UMS.

Foto bersama peserta rapat kerja Biro Keuangan untuk perumusan program kerja 2019/2020.