Menindaklanjuti instruksi Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), bahwa setiap unit di UMS diharapkan menyusun program kerja pengembangan tahunan dalam bentuk Rencana Pengembangan Unit (RPU) sebagaimana RPPS/RPF-nya program studi dan fakultas, Biro Keuangan UMS (BK-UMS) sejak tahun 2017 mengagendakan program kerja pengembangan unit melalui RPU. RPU BK-UMS pada hakikatnya program kerja jangka pendek (tahunan) dalam rangka mewujudkan visi BK-UMS, yang diharapkan tercapai pada tahun 2029.

Dalam rangka penyusunan RPU BK-UMS program kerja tahun 2018/2019, BK-UMS mengadakan rapat kerja pada tanggal 31 Mei 2018, bertempat di Ruang Sidang BK-UMS Lt. 4 Gedung Induk Siti Walidah. Pada sesi awal Kepala BK-UMS M. Mujiburohman, Ph.D. menyampaikan beberapa hal, mulai dari evaluasi program kerja 2017/2018, sampai dengan arah pengembangan BK-UMS tahun 2018/2019. Kepala Biro menekankan penguatan implementasi sistem-sistem informasi yang sudah dibangun dan berdampak efektif, serta penyempurnaan sistem informasi yang belum efektif.

                                               

( Kepala Biro Keuangan menyampaikan arah pengembangan Biro Keuangan tahun 2018-2019.)

Pada sesi kedua para Struktural BK-UMS mempresentasikan draf program kerja bidang masing-masing, mulai dari Noto Narwanto, S.T. (Kabag. Anggaran & Admin. Keu. Mhs. juga mewakili Kasubag. Anggaran), Taufiq Hidayat, S.E. (Kabag. Akuntansi juga mewakili Kasubag Akuntansi & Perpajakan), Abdullah Sixmar, S.E. (Kaur. Bendahara Gaji), Agus Santoso, S.E. (Kaur. Anggaran & Pengendalian), Wikasto, A.Md. (Kaur. Admin. Keu. Mhs.), Heru Martana Widada (Kaur. Arsip), dan Hary Yudanto, S.E. (Kaur. Bendahara). Pada sesi ini sekaligus dilakukan pembahasan draf oleh forum untuk mengidentifikasi kegiatan yang menjadi program pengembangan, dan cukup sebagai kegiatan operasional. Pada sesi terakhir, Kabag. Akuntansi yang berperan sebagai Notulen, menampilkan rangkuman program kerja pengembangan BK-UMS tahun 2018/2019.

(Suasana diskusi pembahasan program kerja BK-UMS tahun 2018/2019.)

Sesaat sebelum ditutup, Kepala BK-UMS menekankan bahwa rumusan program kerja pengembangan BK-UMS tahun 2018/2019 yang ditetapkan dalam rapat kerja ini belum final 100%. Sambil menunggu ketentuan RPU terbaru dari Lembaga Penjaminan Mutu, rumusan program kerja dapat disempurnakan melalui rapat koordinasi BK-UMS.

Berikut rumusan program kerja BK-UMS tahun 2018/2019 hasil rapat kerja BK-UMS tanggal 31 Mei 2018: